Search

Promo Jebakan Masih Bertebaran di Harbolnas Tahun Ini

Jakarta: Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional tahun ini kembali diselenggarakan secara oleh banyak e-commerce di Indonesia di 12 Desember 2017. Sayangnya kejadian pada acara tahun lalu masih ditemukan, yaitu penipuan berkedok promo.

Di ajang Harbolnas tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya, promo dengan potongan harga yang sangat jauh dari harga asli serta tidak masuk akal kerap dijumpai. Berdasarkan pemantauan dahulu kasus tersebut mudah dijumpai pada kategori produk elektronik.

Smartphone memang dari tahun ke tahun selalu menjadi kategori produk eletronik yang menjadi incaran di Harbolnas. Kini kasus tersebut kembali terjadi, hal ini pertama kali ditemukan oleh Herry SW yang merupakan salah satu pemerhati industri dan tren smartphone di Indonesia.

Dalam kicauan Twitter akunnya yang bernama @herrysw dia menemukan sebuah halaman di e-commerce Lazada, salah satu peserta Harbolnas kali ini yang menampikan produk smartphone dengan harga yang membuat setiap orang pasti menggelengkan kepala.
 


Dalam potongan foto yang diunggah diperlihatkan bahwa Xiaomi Redmi Note 4X dijual dengan potongan harga menjadi Rp2,1 jutaan dari harga awal sebesar Rp10,7 juta. Padahal harga asli smartphone yang dirilis di Tiongkok tersebut harganya hanya Rp1,9 juta di negara asalnya.

Tentu saja hal ini tidak masuk di akal apalagi kita mengetahui harga Rp10 juta di Indonesia biasanya melekat di smartphone segmen flagship atau high-end, bukan menengah seperti Redmi Note 4X.

Jika merunut respon pengikut akun twitter Herry SW bisa diketahui bahwa sebagian dari mereka juga menemukan kejanggalan yang sama pada halaman atau merek smartphone lain yang dijajakan di Lazada.

Tidak sampai disitu saja, Herry SW juga membuat cuitan lain disertai foto yang menampilkan Samsung Galaxy Note 8 dijual dengan harga Rp3,7 juta dari harga asli yang dirilis beberapa waktu lalu yakni Rp11 jutaan. Apabila mengklik tautan yang diberikan Herry SW maka Anda akan dialihkan ke halaman awal Lazada, artinya halaman tersebut sudah dihapus.
 

Selain itu Herry SW melampirkan deskripsi berisi syarat dan ketentuan dari produk tersebut yang dibuat oleh seller. Ada beberapa hal yang janggal, di antaranya seller tidak melayani chat, pembayaran, dan pembelian via Lazada.

Penjual mengklaim hanya beriklan di Lazada dan untuk transaksi harus menghubungi menghubungi kontak yang tersedia. Hal ini termasuk terindikasi sebagai penipuan karena transaksi tersebut nantinya tidak bisa terpantau oleh Lazada sehingga jika terjadi masalah maka konsumen tidak bisa meminta pertanggung jawaban pihak e-commerce.

Meskipun halaman tersebut sudah dimatikan Lazada, tetapi hingga saat ini iklan tersebut masih tampil di halaman pencarian Google.

Saat tautan iklan tersebut diklik, hal yang sama akan terjadi. Anda dialihkan ke halaman awal layanan Lazada. Sewajarnya Lazada melakukan moderasi terlebih dahulu terhadap konten yang diunggah oleh penjual.

Jadi sudah sepatutnya Anda yang ingin berburu di Harbolnas rajin melakukan double check harga yang dijajakan selama Harbolnas dengan harga normal produk di luar ajang tersebut. Jangan sampai Anda ingin mendapatkan harga murah justru jadi harus membayar lebih mahal.

(MMI)

Let's block ads! (Why?)

Read Again http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/yKXVPrZb-promo-jebakan-masih-bertebaran-di-harbolnas-tahun-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Promo Jebakan Masih Bertebaran di Harbolnas Tahun Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.