Search

Ada Lima Tren Smartphone - Investor Daily

Sementara itu, setidaknya ada lima tren smartphone yang bakal booming dan menggebrak pasar global pada 2019. Melanjutkan tren layar lebar (full view display) pada tahun lalu, pada 2019, para vendor smartphone akan menghadirkan layar lipat.

Hal ini sudah diperkenalkan oleh Samsung yang sempat memperlihatkan prototype smartphone dengan kemampuan layar lipatnya, dengan julukan Galaxy F. Kali ini, layar ponsel akan bisa benar- benar dilipat menjadi lebih ringkas dan dua sisinya akan saling menghimpit layaknya sebuah tikar.

Jadi, berbeda dengan awal-awal kehadiran ponsel lipat yang merupakan bagian dari dua sisi berbeda yang dikaitkan dengan engsel. Meskipun sempat dicela oleh banyak pecinta ponsel, tak sedikit vendor smartphone yang ikut-ikutan untuk mengadopsi adanya bentuk poni (nocth) kecil di depan atas agar layar bisa membentang lebih luas. Ide ini berawal dari Apple yang memproduksi iPhone X dengan layar poni tahun 2017 yang akhirnya diikuti banyak vendor ponsel Android merek lain, terutama asal Tiongkok.

Namun, bentuk poni di layar pada tahun ini akan bertransformasi. Kini, bentuknya sudah lebih kecil dengan mengadopsi bentuk tetesan air (waterdrop). Lagi-lagi, Samsung juga yang pertama mengajak pabrikan smartphone Android lain untuk tidak menggunakan poni yang berbentuk konvensional dan memperkenalkan desain layar Infinity-O, lubang kecil sebagai ‘rumah’ kamera depan yang ditempatkan di bawah layar. Huawei Nova 4 pun telah mengadopsinya dengan membuat lubang kecil yang ditempatkan di bawah layar, yakni pada Honor View 20 atau V20.

Sejumlah pabrikan smartphone juga rela menggeser penempatan sensor pemindai sidik jari (sensor fingerprint) ke bagian belakang pada 2018. Tahun 2019, teknologi ini masih akan tetap eksis karena faktor keamanan yang tidak mudah untuk dipalsukan. Salah satunya, Samsung kemungkinan akan menempatkan fitur ini pada Galaxy S10 Series di dalam layar.

Kemudian, para vendor akan berlomba untuk menaruh kamera sebanyak- banyaknya untuk menarik konsumen yang semakin suka mengabadikan aktivitasnya melalui kamera. Samsung telah merilis Galaxy A9 (2018) dengan empat kamera di bagian belakang pada 2018. HMD dikabarkan tengah meracik Nokia 9 dengan dukungan lima kamera.

Di sisi lain, tak sedikit vendor yang memperkaya kemampuan kamera yang dibenamkannya dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan juga machine learning. Apple dan Google telah memanfaatkan teknologi ini. . (man)

Baca selanjutnya di https://id.beritasatu.com/home/teknologi-seluler-generasi-kelima/184677

Let's block ads! (Why?)

Read Again https://id.beritasatu.com/home/ada-lima-tren-smartphone/184678

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Lima Tren Smartphone - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.