Search

Kamera akan jadi perhatian dalam pameran ponsel MWC 2019 - BeritagarID

Ilustrasi kamera ponsel.

Ilustrasi kamera ponsel. | Pixabay

Sebentar lagi, ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 segera digelar di Barcelona, Spanyol. Acara tahunan yang akan dihadiri lebih dari 2.400 perusahaan elektronik komunikasi itu akan berlangsung pada 25-28 Februari 2019.

Ajang ini merupakan salah satu acara terbesar yang dinantikan oleh para pemerhati dan pengguna gawai di seluruh dunia. Dan tahun ini menurut Digital Camera World, Jumat (15/2/2019), teknologi kamera akan menjadi pusat perhatian karena digadang sebagai jualan utama para produsen gawai telekomunikasi.

Berikut sejumlah gawai yang mungkin akan menarik perhatian paling banyak.

Nokia 9 PureView

Nokia kemungkinan akan membawa ponsel dengan lima lensa kamera belakang ke MWC 2019. Gawai tersebut memiliki nama Nokia 9 PureView.

Rumor kehadirannya mengemuka di media sosial dalam beberapa bulan terakhir Bocoran gambar terbaru yang disebar oleh 91mobiles beberapa hari yang lalu diyakini sebagai press render gawai flagship terbaru Nokia.

Nokia 9 Pureview memang akan menyertakan 5 lensa kamera belakang yang tersusun menyerupai segi enam seperti disebut oleh sejumlah rumor. Total terdapat tujuh titik melingkar di belakang ponsel ini.

Tujuh titik itu meliputi lima lensa kamera Zeiss. Satu lensa memuat LED flash dan satu lagi kemungkinan disediakan untuk fitur sensor laser atau sensor mengukur jarak objek.

Tombol daya dan tombol volume berada di tepi kanan bingkai ponsel ini dan bezel bagian atas digunakan untuk menempatkan kamera swafoto, beberapa sensor, dan logo "Nokia".

Nokia 9 Pureview dikabarkan akan menggunakan cip Snapdragon 845, RAM 8GB, penyimpanan internal 128GB, baterai 4.150 mAh, layar 5,9 inci resolusi Full HD+ dengan aspek rasio 18:9, dan sensor pemindai sidik jari di layar.

Menurut Mashable, Jumat (15/2/2019), ponsel dengan kamera belakang sebanyak itu belum pernah ada dan jika memang benar dirilis nantinya, ini akan menjadi pertama kalinya Nokia melakukan sesuatu yang inovatif.

Sony Xperia XZ4

Xperia XZ4 mungkin bukan ponsel berkamera paling menarik yang akan dipamerkan di MWC 2019. Namun menurut rumor yang beredar sejak tahun lalu, ponsel tersebut akan dilengkapi sistem tiga lensa di bagian belakang dan teknologi CinemaWide pada layar.

Tiga kamera itu terdiri dari lensa utama 52MP dengan bukaan maksimum f/1.6, lensa telefoto 16MP dengan bukaan f/2.6, serta lensa ToF (Time of Flight) 0,3MP dengan bukaan f/1.4 yang digunakan untuk mengambil foto bokeh dan sejenisnya.

Sementara untuk spesifikasi lainnya, menurut Gizchina (15/2), Xperia XZ4 bakal dibekali layar 6,5 inci dengan aspek rasio 21:9.

LG G8 ThinQ

Meski belum diluncurkan, LG sudah mengumbar fitur yang akan ada pada ponsel flagship terbaru G8 ThinQ. Salah satunya adalah kamera 3D.

Kamera 3D ini adalah kamera yang dilengkapi sensor time-of-flight (ToF). Cara kerja sensor ini adalah dengan menembakkan sinar infra merah ke subjek yang berguna untuk mengenali objek tiga dimensi.

Fungsi dari sensor ini antara lain adalah untuk meningkatkan keamanan sistem pemindai wajah dan meningkatkan akurasi efek bokeh dalam swafoto, dan sejumlah fitur untuk aplikasi realitas tertambah (augmented reality/AR).

Sensor 3D yang dipakai oleh G8 ThinQ adalah REAL3 buatan Infineon. Pabrikan asal Korea Selatan itu tak mengungkap bagaimana penerapan sensor ini dalam perangkat lunak yang ada pada G8, namun mereka menjanjikan peningkatan drastis pada kemampuan kamera depannya.

Ponsel itu diperkirakan bakal dipersenjatai layar LCD berukuran 6,1 inci dengan resolusi 2.160x4665 piksel. Namun, untuk dapur pacunya, LG kemungkinan masih akan mengandalkan cip Snapdragon 845, bukan cip terbaru Snapdragon 855 yang mulai digunakan para pesaingnya.

Xiaomi Mi 9

Xiaomi melalui media sosial telah membocorkan spesifikasi Mi 9 yang akan meluncur di ajang MWC 2019.

Ponsel terbaru Xiaomi tersebut disebutkan bakal mengusung tiga lensa kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP yang dipasangkan dengan lensa sudut lebar 12MP dan lensa untuk mode bokeh. Demikian dinukil XDA Developers, Sabtu (16/2).

Belum diketahui berapa resolusi lensa bokehnya, tapi dikabarkan Xiaomi akan memasang teknologi 3D ToF pada perangkat terbarunya itu.

Selain itu menurut Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, melalui Twitter, Mi 9 akan ditenagai cip Snapdragon 855 sehingga performanya bakal meningkat sebesar 45 persen dibandingkan Snapdragon 845.

"Ini adalah hasil kolaborasi erat antara Xiaomi dan Qualcomm berkat pusat riset dan pengembangan pdi Amerika Serikat," kata Wang Xiang, SVP Xiaomi, dikutip GSM Arena.

Oppo F11 Pro

Ponsel asal Tiongkok lainnya yang bakal ditunggu-tunggu adalah Oppo F11 Pro. Dalam status terbaru perusahaan di Twitter, Oppo F11 Pro terungkap mengadopsi kamera pop-up.

Dalam video teaser berdurasi 6 detik itu, Oppo menggoda warganet dengan memperlihatkan sedikit wujud F11 Pro. Kemudian pada akhir video tertulis jelas "F11 Pro 48MP".

Ya, ponsel ini akan mengandalkan kamera utama 48MP yang dilengkapi dengan fitur Night Sight untuk menyaingi Pixel 3, serta adanya fitur baru pada teknologi kamera, yakni perbesaran optik hingga 10 kali.

Sementara untuk penjualannya, Kompas.com melansir bahwa F11 Pro dipastikan akan masuk ke Indonesia. Ponsel dengan nomor model CPH1969 itu sudah memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan angka 30 persen dan telah mendapatkan sertifikasi SDPPI Kemenaterian Komunikasi dan Informatika.

Let's block ads! (Why?)

Read Again https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/kamera-akan-jadi-perhatian-dalam-pameran-ponsel-mwc-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kamera akan jadi perhatian dalam pameran ponsel MWC 2019 - BeritagarID"

Post a Comment

Powered by Blogger.