Search

Tips Teknologi: Bikin WhatsApp Punya Fitur Kunci Keamanan - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp merupakan platform perpesanan yang banyak digunakan masyarakat di dunia. Meskipun dibekali keamanan sistem enkripsi end-to-end, menurut laman My Broadband, akhir pekan lalu, perlu keamanan tambahan pihak ketiga untuk meningkat keamanan.

Baca: WhatsApp Business Versi Beta Tersedia untuk Pengguna iOS

Laman Business Insider menjelaskan, WhatsApp juga telah memperbarui dengan fitur menambahkan Face ID dan Touch ID untuk versi iPhone. Sementara untuk versi Android, menurut laman WABetaInfo, akan segera diluncurkan menyusul. Berikut cara mengaktifkan fitur kunci untuk WhatsApp:

iOS

Fitur keamanan biometrik untuk iPhone yang membuat proses "penguncian" menjadi mudah, berkat Touch ID atau Face ID yang digunakan untuk otentikasi ketika mengakses WhatsApp. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menavigasi ke Pengaturan, Akun, Privasi dalam aplikasi dan mengaktifkan fitur Kunci Layar.

Ketika Anda mengakses WhatsApp di perangkat, Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan Touch ID atau Face ID, tergantung pada opsi mana yang dipilih. Perlu dicatat bahwa kunci keamanan hanya mencegah orang lain mengakses WhatsApp pada perangkat Anda, tapi tidak menyembunyikan pemberitahuan push jika tidak diatur ke pribadi.

Untuk menyembunyikan konten dalam pemberitahuan WhatsApp, pengguna harus mengubah pengaturan pemberitahuan yang relevan.

Android

Tidak seperti iOS, tidak ada kunci biometrik atau kata sandi asli yang tersedia untuk WhatsApp di Android, artinya pengguna harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga. Namun, banyak perangkat Samsung dan Huawei menyertakan alat keamanan yang dapat bertindak sebagai kunci kata sandi untuk WhatsApp.

Misalnya, memasang WhatsApp ke Samsung Secure Folder pada perangkat yang didukung akan memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi dengan kata sandi atau kunci biometrik, yang diamankan oleh sistem keamanan Knox pabrikan. Sementara perangkat Huawei tertentu juga mencakup aplikasi Penguncian Aplikasi asli yang dapat menerapkan kata sandi atau verifikasi biometrik untuk masing-masing aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda.

Perlu dicatat bahwa mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk tujuan mengamankan perangkat Anda tidak seaman menggunakan fitur bawaan, terutama mengingat banyaknya jumlah aplikasi berbahaya di Google Play Store. Ulasan dari seluruh Internet dan Google Play Store merekomendasikan pengguna menginstal aplikasi pihak ketiga yang terpercaya seperti Security Master atau Norton App Lock .

Setelah aplikasi ini diinstal, Anda dapat membukanya untuk mengatur kunci kata sandi individual untuk aplikasi, file, dan folder tertentu.

Simak kabar terbaru tentang WhatsApp hanya di kanal Tekno Tempo.co

MYBROADBAND | BUSINESSINSIDER | WABETAINFO

Let's block ads! (Why?)

Read Again https://tekno.tempo.co/read/1177064/tips-teknologi-bikin-whatsapp-punya-fitur-kunci-keamanan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Teknologi: Bikin WhatsApp Punya Fitur Kunci Keamanan - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.